Pembelajaran merupakan kegiatan yang terprogram untuk mencapai capaian pembelajaran sesuai dengan harapannya. Pembelajaran juga merupakan pengembangan kreativitas berpikir mahasiswa dalam meningkatkan dan mengkonstruksikan pengetahuan baru sebagai upaya penguasaan dan pengembangan materi pembelajaran. Sebagai upaya tersebut dibutuhkan standar mutu dalam proses belajar mengajar, dengan tujuan memenuhi dan meningkatkan kualitas hasil belajar yang pada akhirnya melahirkan sumber daya manusia yang berkompeten dalam aspek pengetahuan, sikap/nilai, dan psikomotor yang sesuai dengan bidang ilmunya/keahliannya.
Dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan penjaminan mutu pembelajaran secara terus menerus dan berkelanjutan perlu dilaksanakan monitoring dan evaluasi pembelajaran secara periodik. Monevin juga merupakan salah satu cara pengendalian dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta terhadap semua unit kerja dalam rangka penyelenggaraan pendidikan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Monev dilaksanakan dengan menggunakan instrumen yang memuat daftar pertanyaan terkait kelengkapan penyusunan kurikulum dan pelaksanaan mutu pembelajaran yang dikembangkan oleh Badan Penjaminan Mutu UNISA Yogyakarta. Monev dilakukan secara berjenjang di tingkat prodi dilakukan oleh Kaprodi dibantu oleh PSMP dan Koordinator MK, di tingkat fakultas oleh PSMF dan di tingkat Universitas oleh BPM.